Sabtu, 10 April 2010

Mengembalikan Data Yang Terhapus

     Mungkin bagi sebagian dari kita pernah melakukan hal yang paling bodoh, yaitu menghapus data/file yang sangatlah penting, namun tanpa kita sengaja. Dan pada akhirnya membuat kita pusing bukan kepayang. berikut ini adalah Tips dalam mencari file tersebut. Cara untuk mengetahui atau mengembalikan file yang telah dihapus dapat menghemat banyak waktu dan uang. Jika dibandingkan dengan anda membawa komputer Anda ke toko komputer, anda tidak akan hanya menghabiskan banyak uang, dan anda tidak akan bisa menggunakan komputer untuk beberapa waktu ketika  komputer anda sedang diperbaiki atau saat teknisi mencoba untuk menemukan file/datae anda yang telah hilang. Jika anda tahu bagaimana cara mengembalikan data/file yang telah terhapus dalam satu cara yang sederhana, anda mungkin sudah melakukannya Bukan..? tanpa harus pergi ke Teknisi Komputer!!! 
     Satu hal penting yang harus anda ketahui adalah jika sebuah data/file terhapus, sebenarnya data/file tersebut masih tersimpan di komputer anda, namun anda tidak mengetahui dimana data/file tersebut berada. Untuk Mengetahui data/file yang telah terhapus, sangatlah penting. Karena anda juga perlu untuk mencari tahu dimana data/file tersebut berada atau setidaknya dimana untuk mencari tahu file tersebut.
     Anda mungkin memiliki kapasitas yang besar pada HardDisk anda. Anggap saja sebagai wadah raksasa yang penuh dengan banyak item. Ambil contoh: Seperti dimana anda memulai untuk mencari Jarum didalam tumpukan Jerami. Titik awal yang baik adalah di Recycle Bin, karena tempat dimana  semua file yang  telah terhapus, terlebih dahulu ditampung disana, sampai anda benar-benar sudah tidak memerlukan file tersebut.
     Jika anda beruntung, maka file tersebut masih ditampung oleh tempat sampah tersebut, dan hal ini sangatlah mudah untuk mengembalikannya dari tempat sampah tersebut kedalam file semula, anda cukup sorot dan pilih Restore saja. Jika hal tersebut gagal, atau anda tidak menemukannya. Anda dapat mencoba menggunakan Sistem Restore yang terletak pada Control Panel. Hal ini adalah cara dimana anda dapat memutar kembali pada waktu dimana data/file tersebut terdapat pada HardDisk anda. Ini akan seperti tidak pernah ada yang terjadi.
     Jika Metode ini tidak berhasil juga, anda dapat menggunakan sebuah Software Recovery. ini bukan hanya Efektif, namun sangat mudah dalam pengunaannya. Sebetulnya ada banyak Software Recovery yang tersedia untuk di Download.
     Recovery yang terbaik juga menawarkan Scan gratis untuk memberitahu anda, bahwa data/file yang terhapus telah ditemukan. ada sebuah situs WEB yang dapat membantu anda untuk membandingkan sebuah Software Recovery data dengan isi dalam format yang mudah dibaca. untuk mengetahui Software mana yang berada pada daftar Recovery yang terbaik ada di Disini 

Dan Berikut ini adalah  beberapa Software Recovery yang saya rekomendasikan untuk anda miliki, dan saya coba kupas sedikit mengenai Recovery tersebut.

1. Undelete Plus
Di antara aplikasi-aplikasi gratis yang beredar diluaran untuk mengembalikan file yang terhapus, Undelete Plus salah satu yang dapat digunakan. User interface-nya (antar muka) tergolong sangat simpel. Anda dapat mengembalikan file-file yang terhapus dengan mudah sesuai dengan tipe file, misalnya Application, GIF graphics, HTML Documents, PDF. Tools ini beroperasi pada sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 dan Windows Vista. Anda dapat men-Download Software tersebut Disini.

2. Restoration
Restoration adalah salah satu aplikasi untuk mengembalikan file yang terhapus. Tools ini juga sangat mudah digunakan dan anda tidak perlu meng-Instal di komputer. Cukup download toolsnya diSini.

3. PC Inspector File Recovery
Meski user interface PC inspector File Recovery tidak begitu user friendly, aplikasi ini tergolong sangat ampuh untuk mendeteksi dan mengembalikan file yang terhapus. Sesudah dilakukan proses scanning, akan tersaji file-file yang terhapus dalam folder dengan struktur pohon (tree structure) untuk mempermudah pencarian. Dengan begitu, anda dengan mudah mencari dan memilih file/folder yang telah terhapus, lalu klik icon "save" untuk mengembalikan file tersebut. Tools ini dapat di-download diSini.

4. Recuva
Recuva sering disebut juga sebagai "Recover". User interface-nya sangat sederhana. Pada mode basic, tools ini akan menampilkan daftar file-file yang terhapus, yang bisa dikembalikan. Jika Anda menggantinya ke mode advanced, maka proses scanning ulang akan dilakukan dan muncul pilihan untuk menampilkan informasi berisi daftar file-file yang terhapus. Tools ini dapat di-download diSini.

Mudah-mudahan Artikel mengenai File Recovery diatas dapat membantu anda dalam pencarian File/data anda yang telah hilang.

Berbuatlah yang benar, karena yang anda buat memanglah benar. Dengan cara meninggalkan Comment atas Artikel yang ada baca...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar